TENOLOGI KOMPUTER YANG MENAKJUBKAN

TENOLOGI KOMPUTER MASA DEPAN YANG MENAKJUBKAN



Anda tahu apalagi yang sedang disiapkan para ahli dan pakar teknologi informasi untuk mengembangkanteknologi komputer masa depan? Mungkin Anda akan terperangah sambil bergumam sendiri: benarkah itu. Atau bahkan tak terbayang sama sekali karena begitu sulit untuk dibayangkan bagaimana mereka bisa melakukannya.

Transformasi bidang teknologi yang begitu absurd dan sangat cepat memang memaksa para pakar dari berbagai negara untuk terus-menerus melakukan inovasi. Karena jika tidak, ya mereka akan tersingkir. Prinsipnya: yang unik dan secara menggelora melakukan eksplorasi maka dia lah yang akan menjadi pemenangnya.
Setelah era komputer biasa sudah mulai berangsur ditinggalkan, masyarakatdunia telah beralih ke laptop atau komputer fleksibel yang bisa dijinjing ke mana-mana. Masa laptop tak akan stagnan dan terus-terusan dipakai orang, namun seiring dengan ditemukannya teknologi baru yang jauh lebih memudahkan dan lebih canggih maka laptop dengan sendirinya akan banyak yang meninggalkan.




Proyek Baru
Pertanyaannya, seperti apa sih teknologi komputermasa depan itu yang  akan menggantikan eksistensi laptop (walau mungkin masih membutuhkan waktu beberapa dekade lagi)? Sebuah mega proyek tengah dirancang oleh EMES Nanoscience and Picotechnology Group (GNS) yang mewacanakan untuk membuat sebuah kegilaan dan sungguh di luar imaji masyarakat kebanyakan: komputer sebesar molekul.
Tahapan awalnya, mereka sudah berhasil dengan apa yang disebut gerbang logika dengan 30 buah atom. Selanjutnya mereka akan melakukan penyusunan terkait teknologi, perancangan arsitektur, dan bahan kimia yang sangat fundamental untuk menghasilkan komputer dengan ukuran sangat mini itu.
Sasarannya adalah industri yakni dengan digunakannya model komputer ‘molekul’ maka akan banyak menghemat cost (biaya). Namun, untuk komputer rumahan atau industri kecil belum tentu secepatnya akan digunakan karena harganya pasti jauh lebih mahal ketimbang komputer biasa atau laptop.
Bisa dibayangkan, orang yang menggunakan komputer ‘molekul’ ini membutuhkan mikroskop sebagai bantuan dalam mengoperasionalkannya. Ukuran elemen yang digunakan sungguh sangat mikroskopis memang dalam beberapa hal sangat banyak menguntungkan, terutama jika dilihat dari sisi fleksibilitasnya, namun di sisi lain memerlukan waktu yang lumayan lama untuk beradaptasi dengan setiap hasil temuan teknologi baru.

Inspirasi Otak Kucing
Selain itu, teknologi komputer masa depan diklaim akan banyak meniru cara kerja sel otak kucing dimana mampu mengenali banyak sekali informasi dan menyimpannya dalam jangka waktu lumayan lama. Disebutkan bahwa salah satu kelebihan dengan mengadaptasi sistem kerja otak kucing dimungkinkan sebuah perangkat komputer akan mampu menyelesaikan berbagai keputusan yang rumit dan menampilkan lebih banyak tugas secara simultansi.
Uniknya, elemen perangkat yang diselidiki oleh Universitas Michigan, AS merupakan sebuah pengembangan dari memristors. Alat ini merupakan sirkuit elemen yang mampu membawa memori dari kegiatan sebelumnya, dimana ketika misalnya Anda mematikan perangkat komputer Anda maka memristors akan tetap bekerja aktif untuk mengingat seberapa banyak aktivitas sebelumnya yang dilakukan, dan kemudian menyimpan datanya.
Sifat alami yang dilakukan memristors membuat para peneliti di Michigan berbuat seperti sinapsis, yang menghubungkan sel di otak dengan neuron dalam tempo bersamaan. Sinapsis merupakan alat konfigurasi ulang yang mampu membentuk jalur-jalur untuk menghubungkan ribuan bahkan jutaan neuron, seperti memristors yang mampu mengingat jalur berdasarkan sinyal elektrik yang diterima neuron.
Kesimpulannya, dengan berbagai ekspektasi kemajuan teknologi ini manusiadiharapkan dapat banyak terbantu aktivitasnya dan lebih produktif meskipun harus tetap waspada supaya terhindari efek negatif kemajuan teknologi.

No comments :

Post a Comment


Bersama kita berbagi
untuk comment silahkan klik add your comment
---------------------------------