Mozilla Ada Untuk Tablet

Jakarta - Mozilla sedang menyiapkan sistem operasi khusus perangkat mobile. Meski 'mirip' Chrome OS, targetnya adalah smartphone dan tablet.

Proyek untuk membuat sistem operasi baru ini bernama Boot to Gecko atau disingkat B2G. Sistem operasi terbuka berbasis web ini idenya hampir sama seperti yang digagas Google lewat Chrome OS.

Namun, jika ChromeOS dibuat untuk perangkat notebook, proyek B2G ini akan menarget smartphone dan tablet. Demikian dikatakan oleh teknisi Mozilla Andreas Gal yang dikutip detikINET dari eWeek, Selasa (26/7/2011).
Nama Gecko dari proyek ini diambil dari layout engine milik Mozilla. Gelagatnya, Mozilla akan membangun B2G dengan komponen Android dan Gecko sebagai teknologi utamanya.

Mike Shaver, salah satu lead developer proyek ini, mengatakan Android hanya dipakai seminimal mungkin. Kernel dan driver Android dikatakannya sekadar jadi titik awal.

Dalam memuluskan proyek ini Mozilla berharap akan hadir bantuan dan saran dari banyak pengembang di dunia. Mereka akan bekerjasama dalam skema terbuka khas komunitas Open Source.

Tentunya, Mozilla bakal butuh waktu untuk bisa menyaingi Chrome OS. Google saja butuh waktu dua tahun untuk mencapai hasil yang diharapkan, dan sekarang Chrome OS masih belum naik daun juga.

No comments :

Post a Comment


Bersama kita berbagi
untuk comment silahkan klik add your comment
---------------------------------